Welcome to My Blog

Selasa, 10 Oktober 2017

makanan yang sehat






14 Makanan untuk Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Mengonsumsi makanan tertentu yang dapat meningkatkan imun tubuh adalah hal penting yang harus Anda perhatikan, karena itu sangat efektif untuk menjaga keseimbangan dan kesehatan tubuh Anda.
Banyak penyakit yang keberadaannya dapat dihindari apabila sistem imun kita kuat. Sistem imun bekerja dengan melawan benda asing yang memasuki tubuh kita untuk menimbulkan kerusakan. Pembersihan radikal bebas dan regulasi hormon dapat dilakukan secara alami apabila sistem imun tubuh kita kuat.
Sebagai catatan, imunitas atau daya tahan tubuh manusia hanya bisa ditingkatkan secara alami. Berbicara tentang cara alami, hanya ada dua cara untuk meningkatkan imunitas:
  • Yang pertama adalah dengan latihan atau olahraga, dan
  • yang kedua adalah dengan mengonsumsi makanan yang dapat memperkuat imun atau daya tahan tubuh secara alami.
Pada pembahasan kali ini, kita akan berfokus pada makanan apa saja yang dapat meningkatkan imunitas Anda.
Mengonsumsi beberapa makanan yang dapat meningkatkan sistem kekebalan merupakan cara yang sederhana–namun efektif–untuk tetap sehat dan jauh dari penyakit.





makanan untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh
Memperkuat daya tahan tubuh melalui makanan (ilustrasi).

Makanan Peningkat Sistem Kekebalan Tubuh

Mari kita lihat makanan apa saja yang dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita:
Bawang Putih
Bawang putih sangat berguna untuk menjaga kesehatan kita dengan cara meregulasi hormon, menurunkan tekanan darah serta memperlancar aliran darah, dan banyak lainnya.
Bawang putih mampu memperkuat imun tubuh karena adanya senyawa yang mengandung konsentrasi sulfur tinggi, yaitu allicin, yang dapat menghancurkan bakteri dan infeksi dalam tubuh secara alami.
Daging
Sekarang kita membahas salah satu makanan penting lainnya yang dapat meningkatkan kekebalan kita. Daging kaya akan zink, elemen yang sangat penting dengan kemampuan untuk memproduksi dan memperbanyak sel darah putih. Dan seperti yang kita tahu, sel darah putih membantu kita untuk melawan penyakit.
Yoghurt
Yoghurt mengandung biakan aktif yaitu bakteri yang baik untuk kesehatan. Bakteri yang baik untuk kesehataan ini sangat esensial untuk menjaga sistem pencernaan, utamanya usus. Sistem pencernaan yang sehat sangat penting untuk sistem kekebalan yang ampuh.
Barley dan Oat (sejenis gandum)
Gandum mengandung serat potensial yang disebut beta-glucan dengan antioksidan yang efeknya patut diacungi jempol dan memiliki fungsi antimikroba. Barley dan oat, serta gandum secara umum, adalah makanan yang baik untuk meningkatkan imunitas tubuh kita.
Telur
Telur adalah salah satu makanan yang baik untuk sistem imun. Telur mengandung beberapa vitamin, yang utama adalah vitamin D dan B-kompleks, yang berpotensi untuk membasmi penyakit, dan memperlancar aliran darah dalam tubuh.
Jamur
Jamur membantu dalam produksi sel darah putih, yang merupakan ‘tentara’ yang sangat aktif dan penting dalam sistem daya tahan tubuh manusia. Jamur juga kaya zink dan berbagai nutrisi lainnya yang mampu meningkatkan kesehatan tubuh secara keseluruhan.








ubi jalar
Ubi jalar mengandung vitamin A, baik untuk daya tahan tubuh.
Ubi Jalar
Jangan salah, walaupun sering dipandang sebelah mata, ubi jalar (ubi manis) ternyata mengandung beta-karoten tinggi dan kaya akan vitamin A.
Vitamin A adalah vitamin yang penting untuk memproduksi jaringan konektif yaitu jaringan yang menghubungkan antar jaringan dalam tubuh.
Ubi jalar mempunyai peran besar untuk kulit dalam mencegah bakteri dan kuman penyakit. Ingat, kulit Anda adalah bagian penting dalam sistem pertahanan tubuh Anda.
Alpukat
Alpukat mengandung vitamin B1, C, A, dan mineral-mineral lainnya, yang menjadikannya sebagai salah satu makanan paling sehat di dunia. Buah ini membantu membersihkan usus secara natural.
Selain mengandung beta-carotene, alpukat juga mengandung glutation, sebuah antioksidan kuat yang membantu melawan radikal bebas dalam tubuh, sehingga imunitas tubuh tetap terjaga dan juga mengurangi resiko kanker.
Kelapa
Minyak kelapa dan kelapa memiliki keunggulan yang berlimpah untuk kesehatan. Mereka memiliki asam lauric yang berubah menjadi monolaurin. Jika Anda belum tahu tentang monolaurin, komponen ini ada pada air susu ibu dan secara alami menguatkan sistem imun bayi.
Baca juga: Manfaat ajaib minyak kelapa untuk kesehatan.
Beri
Belum cukup rasanya jika tidak memasukkan buah-buahan beri ke dalam daftar makanan yang sehat. Nah, beri, khususnya blueberry dan raspberry, memiliki sifat antioksidan tinggi yang dapat menguatkan sistem imun tubuh secara alami. Blueberry mempunyai kadar gula yang rendah dibandingkan dengan buah yang lain.
Kubis
Kubis kaya akan glutamin. Glutamin adalah salah satu asam amino esensial, yaitu asam amino yang tidak diproduksi dalam tubuh. Karenanya, kubis sangat penting sebagai ‘suplier’ glutamin bagi tubuh kita, yang tentu berperan dalam penguatan daya tahan tubuh.
Lemon
Lemon, dan buah-buahan lain yang mengandung vitamin C tinggi, adalah buah sangat baik dalam meningkatkan sistem imun kita. Dagingnya yang kaya akan vitamin C membuat tubuh kita kuat dalam melawan penyakit yang menyerang, khususnya bakteri dan virus pilek dan flu.
Tidak mengherankan jika banyak produk–biasanya minuman–yang mengandung vitamin C tinggi beredar di pasaran. Namun buah-buahan yang alami tentu lebih baik untuk Anda.
Sayuran Hijau
Sayuran berdaun hijau kaya akan vitamin B1, A, dan C. Sayuran ini juga kaya akan zink. Sejauh Anda ingin meningkatkan sistem kekebalan, jangan segan untuk memasukkan sayuran hijau dalam setiap hidangan makan Anda sehari-hari.
Jahe
Jahe sering dikonsumsi oleh orang yang terkena pilek dan flu. Padahal, seperti halnya vitamin C, jahe sangat baik dalam mencegah pilek dan flu sebelum penyakit tersebut menyerang.
Jahe memiliki bahan antimikroba yang ampuh. Jahe juga kaya akan antioksidan dan mineral. Minuman jahe sangat nikmat dikonsumsi di musim hujan karena dapat menghangatkan tubuh, serta membantu mencegah serangan penyakit di musim hujan.

 https://www.webkesehatan.com/14-makanan-untuk-meningkatkan-kekebalan-tubuh/

1 komentar: